APA ITU PEDANG KATANA ..?

No Comments
Pada pertemuan kali ini saya ingin membahas tentang salah satu jenis pedang terkenal didunia yang berasal dari negri sakura, Yap .. Katana .! Atau pedangnya para samurai.

Saya yakin sahabat'' disini sudah tidak asing lagi dengan pedang yang satu ini karena kemunculanya yang sering sekali terlihat pada anime, manga, game, drama movie bahkan film bergenre action. 


Karena desain dari katana ini yang sangat menarik dan kemampuanya yang konon sangat luar biasa membuat semua orang ingin memilikinya dan bahkan tidak sedikit orang yang rela merogoh kocek yang cukup mahal demi memiliki pedang ini. Karena sekarang sudah banyak orang indonesia yang membuat replikanya dengan tujuan untuk dijual kepada penggila sang katana ini. Akan tetapi pedang katana yang asli saat ini adalah barang yang sangatlah langka, walaupun ada pasti sudah menjadi barang antik yang mempunyai harga yang sangat fantastis
Baiklah mari kita kelupas secara pelan namun pasti tentang sejarah pedang para samurai dan ninja ini. Sebelumnya mari sedikit kita intip kembali ke masa lalu tepatnya 800 tahun silam pada zaman edo, dulu dizaman itu ada sungai yang bernama Sungai Yoshii yang airnya mengalir dari Pegunungan Chugoku yang sangat kaya akan pasir besi, ditempat inilah tepatnya di Desa Bizen Osafune senjata perang para samurai yang bernama Katana dulunya dibuat.

 

Dan Katana mulai diproduksi pada zaman muromachi 1392 – 1573, Katana (刀) adalah adalah salah satu jenis pedang panjang di jepang yang mempunyai panjang kurang lebih 60-73 cm, dan Bahasa katana sendiri adalah kunyomi (sebutan Jepang) dari bentuk kanji 刀; sedangkan onyomi (sebutan Hanzi) karakter kanji tersebut adalah tō. Ia merujuk kepada pedang satu mata, melengkung yang khusus yang secara tradisi digunakan oleh para satria jepang yaitu samurai. Katana biasanya dipasangkan dengan wakizashi atau shoto, bentuknya mirip katana tapi cenderung lebih pendek, keduanya dipakai oleh anggota kelas ksatria atau samurai. dan sebenarnya katana sendiri adalah lambang kekuatansosial dan kehormatan bagi samurai. 



Katana mempunyai keunikan tersendiri yang berbeda dengan pedang2 di negara lain dalam segi pemakaianya karena katana adalah jenis pedang yang digunakan menggunakan dua tangan. Dan juga dalam segi peletakanya katana diletakan pada pinggul para samurai dengan tujuan mempermudah aktivitas samurai untuk melakukan pekerjaanya, cukup dengan menarik sedikit saja gagang pedang dan menggoreskan ibu jari pada mata pedang katana sudah bisa ditebaskan dengan sangat cepat, oleh karena itu jika katana digunakan berdasarkan seni pedang pada zaman dahulu yaitu Kenjutsu & Laijutsu maka katana akan selalu unggul dalam hal kecepatan dan ketajaman, bahkan saya pernah melihat di youtube ada sebuah katana yang mampu membelah besi bahkan peluru sekalipun dengan ketajamanya. Sayangnya seni pedang tradisional jepang itu sudah terkikis karena pekembangan zaman dan beralih ke seni beladiri modern.

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.